Sabtu, 30 November 2013

TUGAS 5 - Contoh Penulisan Paragraf Generalisasi, Analogi, Dan Kausalitas (Sebab-Akibat)

CONTOH PARAGRAF GENERALISASI, ANALOGI,
 DAN KAUSALITAS (SEBAB-AKIBAT)


Generalisasi

pernyataan yang berlaku umum untuk semua atau sebagian besar gejala yang diamati. Dalam pengembangan karangan, generalisasi perlu ditunjang atau dibuktikan dengan fakta-fakta, contoh-contoh ,data statistik dan sebagainya.

Contoh Paragraf Generalisasi :

Masalah kepadatan penduduk selalu menjadi masalah yang dihadapi di Jakarta, itu dikarenakan banyaknya pendatang yang berdatangan untuk menetap ataupun mencari perkerjaan di Jakarta. Menurut publikasi BPS pada tahun 2012 jumlah penduduknya meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini seharusnya menjadi acuhan pemerintah berkerja sama dengan masyarakat untuk mengurangi tingkat kenaikan jumlah penduduk di Jakarta. Banyak sekali cara untuk mengurangi penduduk yaitu ; Menggalakkan program KB atau Keluarga Berencana untuk membatasi jumlah anak dalam suatu keluarga secara umum dan masal, sehingga akan mengurangi jumlah angka kelahiran dan Menunda masa perkawinan agar dapat mengurangi jumlah angka kelahiran yang tinggi.


Analogi

Penalaran analogi dilakukan dengan cara membandingkan dua hal yang berbeda, tetapi keduanya memiliki beberapa sisi persamaan.

Contoh Paragraf Analogi :

Didalam falkultas ekonomi terdapat studi Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen, studi Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen memiliki perbedaan dalam menerapkan pembelajarannya. Untuk studi Akuntansi keuangan berorientasi pada penyajian laporan keuangan untuk pihak-pihak di luar perusahaan dan sebaliknya Akuntansi Manajemen berorientasi pada laporan untuk pihak-pihak di dalam/internal manajemen. Namun, ada juga persamaan diantara studi tersebut diantaranya yaitu keduanya bersandar kepada informasi akuntansi. Mempunyai dua sistem pengumpulan data berbeda yang berjalan berdampingan.


Kausalitas (Sebab - Akibat)

Penalaran kausalitas yang menunjukkan hubungan sebab-akibat atau akibat-sebab.

Contoh Paragraf Kausalitas :

Banyak mahasiswa yang mengulang suatu Ujian Akhir Semester dikarenakan banyaknya materi di mata kuliah tersebut yang digampangkan oleh mahasiswa, cukup banyak mahasiswa yang tidak ikut saat ujian terlaksana dan terbuai untuk membolos bersama teman-teman seperjuangannya, dengan alasan mengampangkan mata kuliah akuntansi yang hanya membuat jurnal, buku besar, laporan keuangan dan lain sebagainya. Akibatnya, mahasiswa tersebut harus mengulang diujian mandiri karena harus memperbaiki nilainya yang tertinggal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar