Rabu, 27 November 2013

Tulisan 22 - Harga BBM di Kupang Rp 50 Ribu per Liter

Harga BBM di Kupang Rp 50 Ribu per Liter

Harga bahan bakar minyak (BBM) di Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), menjelang Lebaran melonjak menjadi Rp 25 ribu per botol (setengah liter) atau Rp 50 ribu per liter. Kenaikan harga BBM itu juga berdampak pada kenaikan harga kebutuhan pokok. "Harga Premium (bensin) di sini sudah tidak wajar lagi," kata anggota DPRD Sabu Raijua, Yusak Musa Robo, di Kupang, Senin, 29 Juli 2013.

Warga Sabu Raijua, menurut dia, mengeluhkan harga BBM yang terlampau tinggi. Harga Premium tidak sesuai dengan harga subsidi. Apalagi saat ini menjelang Lebaran dan cuaca buruk menjadi pemicu kelangkaan BBM. "Biasanya harga melambung karena cuaca buruk atau menjelang hari besar keagamaan." 

Yusak meminta pemerintah setempat untuk menekan harga BBM sesuai dengan harga subsidi, yakni Rp 6.500 per liter. Menurut dia, harga BBM mahal karena dijual per drum, bukan per liter.

Wakil Bupati Sabu Raijua, Nikodemus Rihi Heke, mengatakan pemerintah telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET). Namun, setelah kenaikan BBM, belum ada HET baru yang ditetapkan. "Kami masih melakukan kajian, setelah adanya kenaikan harga BBM. Dalam waktu dekat kami akan keluarkan SK terkait HET BBM di daerah ini."

SUMBER :
 http://www.tempo.co/read/news/2013/07/29/090500575/Harga-BBM-di-Kupang-Rp-50-Ribu-per-Liter

ANALISIS :
Berbeda dengan di Jakarta, di daerah Kupang, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), harga bahan bakar tidaklah sesuai dengan harga subsidi. Disana, harga bahan bakar minyak melampui harga Rp 50.000,- per liternya. Ini merupakan harga yang sangat tidak wajar. Disana bahan bakar minyak tidaklah dijual per liter, tetapi dijual per drum. Juga dengan menjelang lebaran dan cuaca buruk menjadi pemicu kelangkaan bahan bakar minyak. Maka dari itu harga bahan bakar disana melonjak tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar