Senin, 25 November 2013

Tulisan 14 - Kapan Rp 1.000 Jadi Rp 1 Jadi Kenyataan? Ini Jawaban BI

Kapan Rp 1.000 Jadi Rp 1 Jadi Kenyataan? Ini Jawaban BI

Redenominasi atau penyederhanaan nilai mata uang rupiah masih dibahas oleh Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Beberapa agenda memang telah disiapkan, namun untuk pelaksanaan redenominasi belum diketahui waktunya. Direktur Departemen Komunikasi BI Peter Jacobs mengatakan redenominasi harus dilaksanakan ketika perekonomian global maupun domestik stabil. Mengingat dampak dari kebijakan tersebut harus diwaspadai.

"Syarat dari pelaksanaan redenominasi itu adalah ekonomi yang stabil. Kalau sekarang kan masih ada gejolak global, jadi memang harus menunggu," ungkapnya kepada detikFinance, di kantor pusat BI, Jakarta, Minggu (24/11/2013)

Sehingga masih cukup diragukan, jika redenominasi dilakukan dalam 1 atau 2 tahun mendatang. Redenominasi memiliki tahapan yang cukup panjang dan dilakukan dengan matang dan penuh kehati-hatian.

"Jadi kalau dalam waktu dekat itu tergantung perekonomian. Karena tahapannya panjang jadi memang harus hati-hati. Tidak bisa sembarangan dalam menentukan waktu," paparnya.

Dalam pembahasan oleh DPR akan meliputi konsultasi dengan masyarakat, lembaga keuangan seperti perbankan dan para akademisi. Kemudian tanggal pelaksaan redenominasi juga kan ditentukan kemudian.

"Jadi di DPR sebenarnya masih bekerja melakukan komunikasi dengan masyarakat dan perbankan juga akademisi juga. Lagi berlangsung untuk pembahasannya. Nanti sekaligus penentuan waktu kapan mulai," terang Peter.

SUMBER :
 http://finance.detik.com/read/2013/11/24/155152/2421948/5/kapan-rp-1000-jadi-rp-1-jadi-kenyataan-ini-jawaban-bi?f991104topweek

ANALISIS : 
Jadi untuk merubah Rp 1.000 menjadi Rp 1 baru merupakan rancangan. Bank Indonesia menilai hal ini bisa saja dilakukan jika perekonomian sedang stabil. Sedangkan saat ini perekonomian di Indonesia sedang tidak stabil dengan gejolak global. Hal ini pun di bahasa oleh DPR maupun juga masyarakat, didiskusikan baiknya gimana untuk perekonomian kedepannya di Indonesia. Mungkin akan makan waktu yang cukup panjang untuk mewujudkan hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar